Bimtek Mengenai Barang Milik Daerah 2019

Bimtek Mengenai Barang Milik Daerah 2019

Bimtek Mengenai Barang Milik Daerah, Untuk memenuhi perkembangan kebutuhan dan praktik yang ada di pengelolaan BMD/N. Sesuai Permendagri RI no.19 Th.2016 Mengatur antara lain mendorong investasi dalam percepatan penyediaan infrastruktur, penyederhanaan birokrasi dalam rangka implementasi good governance di bidang pengelolaan BMD/N, dan penguatan dasar hukum pengelolaan aset berupa kekayaan negara tertentu. Melalui PP ini pemerintah memberikan dasar pengaturan lebih luas untuk menerapkan kebijakan secara lebih fleksibel dalam pelaksanaan pemanfaatan BMD/N serta menyediakan skema baru sebagai alternatif dalam rangka pemanfaatan BMD/N di penyediaan infrastruktur, Pengelolaan BMD diikuti pula dengan pengelolaan Keuangan berbasis Akuntansi, Untuk lebih memahami hal tersebut diatas kami akan mengadakan Bimtek Pengelolaan Aset /Barang Milik Daerah Sesuai Permendagri No.19 tahun 2016 dan Penilaian Aset /Barang Milik Daerah.

Materi Bahasan:

  • Reviu Regulasi Peraturan Perundangan Aset Daerah/Barang Daerah.
  • Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2014.
  • Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2016.
  • Dasar-dasar manajemen Aset Daerah/Barang Daerah.
  • Penyusunan rencana pengadaan dan pemeliharaan Aset Daerah/Barang Daerah.
  • Pelaksanaan pengadaan Aset Daerah/Barang Daerah.
  • Pemanfaatan Aset Daerah / Barang Daerah.
  • Pemindahtanganan dan Penghapusan Aset Daerah / Barang Daerah.
  • Inventarisasi dan Pelaporan Aset Daerah / Barang Daerah

Bimtek Mengenai Barang Milik Daerah

BIMTEK MANAJEMEN ASET BERBASIS TEKNOLOGI

Aset adalah barang atau benda yang terdiri dari benda tidak bergerak dan benda bergerak baik yang berwujud (tangible) dan tidak berwujud (intangible) yang tercakup dalam aktiva/kekayaan perusahaan. Pengelolaan Aset (kekayaan) Perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena untuk memantau dan menghitung serta memanfaatkannya secara optimal.Manajemen aset berfungsi untuk informasi perjalanan asset secara keseluruhan,memuat berapa banyak aset dan biayanya,pemanfaatan,kondisi dan pemeliharaan serta lokasi penyimpanan.Hal ini juga berfungsi untuk mencegah dari hilangnya asset,perhitungan pajak dan depresiasi. Banyak perusahaan masih menganggap Manajemen Aset secara fisik hanyalah sekedar instrumen pengelolaan daftar aset, serta pencatatan oleh bagian accounting.Anggapan yang kurang tepat lainnya adalah bahwa pengelolaan fisik aset sepenuhnya sudah diserahkan kepada Bagian umum , padahal baik daftar aset maupun pengelolaan aset fisik hanyalah bagian kecil dari Physical Asset Management.Sudah saatnya instansi atau perusahaan mengelola aset dengan mengoptimalkan prasarana teknologi,mulai dari database management yang bisa mencatat dan mengupdate status aset, pemeliharaan dan perbaikan aset, depresiasi aset, mutasi dan rotasi aset, serta status custody dan user. Selain itu, penggunaan barcoding, RFID,atau GPS akan mempermudah monitoring dan mapping lokasi aset di instansi atau perusahaan.

Untuk Menjelaskan semua ini mengenai pentingnya pengelolaan aset dilakukan secara profesional dan terintegrasi Sehubungan dengan hal tersebut maka kami mengundang Bapak/ Ibu/ Saudara,untuk mengikuti BIMTEK MANAJEMEN ASET BERBASIS TEKNOLOGI

Silahkan Pilih Jadwal dan Materi dibawah ini

Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember

Author: Info Bimtek